Sejarah Penemuan Pompa Air Pertama Kali

oleh -27 views

Kali ini, saya akan sedikit mereview buku yang berjudul Asal-Usul Benda-Benda di Sekitar Kita Tempo Doeloe. Tidak ada yang istimewa dari buku ini, hanya saja uniknya di buku ini terdapat sejarah penemuan pompa air.

Dalam buku ini, dijelaskan dnegan gamblang bahwa pompa air pertamakali ditemukan oleh ulama yang masyhur dengan julukan Al-Jazari. Tepatnya pada abad ke-12 di Mesopotamia.

Tahun 1174, beliau bekerja dalam devisi teknisi pakar, saat Dinasti Bani Artuq berkuasa. Dinasti tersebut memang menguasai daerah Mesopotamia.

Al-Jazari ialah ilmuwan yang sangat berprestasi di Mesopotamia. Beliau bergelar Rais al-A’mal yang menampilkan dirinya merupakan pemimpin insinyur pada masa Dinasti Bani Artuq.

Keadaan geografis Mesopotamia yang kering serta tandus dengan kapasitas curah hujan yang kecil terkadang menyulitkan warga buat memperoleh air. Meski di situ mengalir sungai yang lumayan besar, tetapi tidak gampang dicapai oleh warga yang tinggal jauh dari situ.

Karena itulah Al-Jazari berpikir keras untuk membikin suatu mesin yang bisa mengalirkan air dari sungai ke pemukiman masyarakat yang lumayan jauh.

Warga Mesopotamia kala itu sesungguhnya telah memahami perlengkapan semacam pompa air. Masyhur dengan istilah shaduf serta shaqiya. Perlengkapan tersebut banyak digunakan oleh warga peradaban Asyria serta Mesir Kuno.

Shaduf terdiri dari balok panjang yang ditopang dengan 2 pilar kayu. Sedangkan shaqiya ialah suatu mesin bertenaga hewan yang bergerak dengan memakai 2 roda gigi.

Al-Jazari setelah itu sukses meningkatkan kedua perlengkapan tersebut jadi suatu mesin yang bisa memasok air dalam jumlah banyak. Metode kerja mesin buatannya memakai roda gigi yang bisa menggerakan balok naik turun secara tertib. Pembuatan mesin ini mencampurkan bahan-bahan yang dibuat dari besi, yang dihubungkan dengan baut.

Perputaran roda mesin tadinya wajib digerakan oleh tenaga manusia secara manual. Namun berkat keahlian Al-Jazari, roda mesin bisa berbalik terus menerus secara konstan. Penemuannya itu dikira selaku temuan berarti dalam perlengkapan mekanik oleh ilmuwan-ilmuwan dunia barat, sebab metodenya tersebut jadi dasar pembuatan mesin- mesin modern. Di Eropa sendiri, temuan mesin semacam ini baru terjalin pada abad ke-15.

Hal itulah yang menjadi cikal-bakal terbentuknya pompa sentrifugal/pompa speck pumpen berkualitas yang ada sampai saat ini. Salah satunya pompa air di bawah perusahaan PT. Lusindonauli Putra Mandiri. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *