Menarik, Ternyata Sejarah Sepak Bola Diperebutkan!

oleh -6 views
sepak bola

MEDSOOS.COM Bundar, menarik dan menyenangkan, lebih dikenal dengan nama bola. Benda tersebut, merupakan salah satu benda yang biasa digunakan oleh penduduk bumi dalam salah satu permainan yang bernama sepak bola. Seiring berjalannya waktu permainan ini mulai merambat ke seluruh penjuru dunia bagaikan udara, dan menjadi salah satu permainan yang penggemarnya diperkirakan lebih dari separuh penduduk bumi, menyentuh semua umur, dari anak-anak hingga orang dewasa. Hingga di negara manapun pencarian berita bola terkini dan berita bola hari ini tidak kunjung sepi.

Waktu terus berjalan bagaikan bola yang terus mengelinding melintasi ruang dan waktu. Sampai sekarang, sejarah asal mula munculnya sepak bola masih dalam perdebatan. Sebagian orang berpendapat bahwa sepak bola berasal dari Yunani dan sebagian lagi berpendapat bahwa sepak bola sudah dikenal sejak masa Mesir Kuno.

Namun terlepas dari perdebatan di atas tentang munculnya sepak bola tersebut, FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir di China dengan sebutan tsu chu pada abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM. Pendapat tersebut diperkuat dengan adanya dokumen militer yang menyebutkan bahwa, pada tahun 206 SM, masa pemerintahan Dinasti Tshin dan Han, masyarakat sudah memainkan permainan yang mirip dengan sepak bola sekarang, hingga keberadaannya merambat dan sampai ke tanah Indonesia.

Pada tahun 19 april 1930 M di Yogyakarta, terbentuklah organisasi yang bernama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang bertujuan untuk menghimpun seluruh kelompok sepak bola dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan bertugas untuk mencetak pemain handal yang akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Sampai pada 1948 M Surakarta, Jawa Tengah, terselenggaralah acara PON (Pekan Olahraga Nasional) yang diikuti oleh 13 daerah di pulau Jawa dan resmi dibuka oleh presiden pertama Ir. Soekarno pada tahun 1990 M. dan terus berlangsung hingga sekarang kecuali pada tahun 1965 M., dikarenakan terjadinya peristiwa G-30-S/PKI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *